Skip to content

Wadahi Potensi Desa, Hasilkan Sederet Prestasi

Februari 12, 2012

Pemuda sebagai aset berharga seharusnya dibina dan dikembangkan sesuai dengan bakat dan potensinya. Hal ini salah satunya disadari oleh club voli Mustika.

Tak seperti lapangan bola voli di sejumlah tempat lain yang cukup representatif, sore itu kamis (4/8), dibawah rindangnya pohon bambu RT 4 Rw 6 Desa Ngembalrejo, kecamatan Bae, Kabupaten Kudus sejumlah pemuda sedang bermain bola voli. Beberapa diantaranya asyik bermain, yang lain menyaksikan sembari memberi semangat. Inilah sekumit suasana latihan klub voli Mustika, penyabet juara I Turnamen Bola Voli AXIS Radar Kudus 2011. Meski para atlet seang menjalankan uasa tapi tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berlatih.

Klub yang bermarkas di Desa Ngembalrejo ini berhasil naik podium tertinggi setelah menumbangkan Merpati dengan skor 3-1 di partai puncak yang berlangsung di GOR Wergu Wetan, Jumat malam (29/7). Tak sebatas menjuarai turnamen tersebut klub voli yang dibesut Achsin Rois itu juga telah mengoleksi sederet prestasi antara lain juara I Kapolres Cup 2004, juara II Kapolres Cup 2005 dan juara I Kudus Open tingkat eks-karesidenan Pati serta penyelenggaraan tersukses turnamen voli Sampoerna Hijau 2006.

Tak hanya itu, beberapa pemain binan klub voli ini juga mampu berbicara di level provinsi maupun nasional, di antaranya Andi yang memperkuat tim voli Kudus menyabet empat(4) besar di Porprov 2009. Bahakan Bagus Kurniawan sukses meloloskan tim Pra PON Jawa Tengah dan dengan capaiannya itu kini dia berkesempatan untuk tampil di PON 2012 di Riau. Rois mengatakan, grup tersebut merupakan sarana penyaluran bakat dari masyarakat terutama kawula pemuda ke jalur restasi. Minat besar para pemuda untuk menekuni olahraga voli di dukung dengan lingkungan masyarakat yang rata-rata juga hobi dengan voli dan banyak menjadi atlet, hingga sekarang ini klub voli ini mempunyai sekitar 25 atlet binaan.

Jalan mulus menggapai prestasi tak selamanya dilewati tim voli ini, setelah 2006 tim ini boleh dikatakan paceklik gelar. Tak satupun podium juara dinaiki. Hal ini menurut Rois karena periode tersebut merupakan masa-masa transisi pengkaderan. Hinnga akhirnya di Turnamen Bola Voli AXIS Radar Kudus 2011, Mustika kembali mendapatkan mahkota juara.

Kepala Desa Ngembalrejo Abdul Fatih menuturkan, pemuda merupakan aset desa yang sangat berharga. Untuk itu sudah layaknya dibina dan dikembangkan untuk membawa harum nama desa.

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: